Belajar Menulis Buku Harian dan Contohnya

Belajar Menulis Buku Harian yang Baik dan Benar dan Contoh Buku Harian - Buku harian adalah catatan pengalaman yang ditulis dalam sebuah buku khusus (diary). 

Belajar Menulis Buku Harian dan Contohnya

Unsur-unsur dalam catatan buku harian yaitu :
  • Peristiwa kejadian yang dialami atau dirasakan.
  • Waktu berlangsungnya peristiwa atau kejadian tersebut.
  • Tempat terjadinya peristiwa atau kejadian.
  • Hikmah dari peristiwa atau kejadian tersebut.
Dalam buku harian, kita dapat mengungkapkan kejadian-kejadian menarik yang kita alami, kita dengar, kita lihat, bahkan apa yang sedang kita pikirkan.

Tujuan penulisan buku harian adalah merekam kejadian sehari-hari yang menyenangkan, mengharukan, atau menyedihkan. Melalui buku harian, kita dapat mengungkapkan pengalaman, pemikiran, dan perasaan kita dalam catatan harian dengan menggunakan bahasa sehari-hari.

Untuk mengungkapkan pikiran dan perasaan, seseorang dapat menyatakan dalam kalimat yang ekspresif. Kalimat ekspresif merupakan kalimat yang mengungkapkan pikiran atau perasaan kita. Karena buku harian merupakan hasil rekaman kejadian, maka apapun dapat diungkap senyatanya. 

Contoh Buku Harian

Sabtu, 28 Mei 2011, udara menyelinap ke pori-pori membuat badanku kedinginan. Padahal malam itu baru pukul 20.00.

Udara di Puncak saat itu dingin sekali. Aku tergolek di kamar kalau mau jujur kurang nyaman. Tiba-tiba pintu kamarku ada yang mengetuk. Kupikir paling hanya room boy yang ingin menawarkan ini dan itu. Ternyata..., aku tersadar dan berada di ruangan yang serba putih. Kata orang aku pingsan beberapa jam. Ihh, aku merinding jadinya kalau ingat semalam. Lain waktu saya harus siap fisik dan mental.

Pada contoh di atas, pokok-pokok atau unsur-unsur catatan buku harian adalah sebagai berikut :
  • Peristiwa pingsannya si Aku di Puncak.
  • Waktu terjadinya pada hari Sabtu, 28 Mei 2011.
  • Tempatnya di hotel di Puncak Bogor dan di rumah sakit.
  • Hikmahnya bagi si Aku harus lebih siap fisik dan mental.
  • Pada contoh tersebut juga sudah menggunakan kalimat ekspresi. �Ihh, aku merinding jadinya ingat semalam.�
Latihan � Contoh ke 2

Cermatilah catatan buku harian ini dengan seksama !

Semarang, 12 Juli 2011

Pukul 14.00, turun dari travel jurusan Purwokerto-Semarang. Saya, bapak, ibu, dan adik turun persis di depan kampusku. Aku memasuki gang berdebu, kami tidak berbicara sepatah kata pun. Aku sangat sedih karena harus meninggalkan kampungku dan teman-temanku.

Aku harus bersekolah dan kos di sana. Tiga tahun aku harus menyelesaikan sekolahku. Aku tidak bisa membayangkan. Tapi kalau sekolah ini tidak saya ambil, sangat disayangkan. Ini adalah sekolah favorit. Aku harus meneguhkan hati, karena bagaimanapun ini untuk masa depanku.
  1. Tuliskan unsur-unsur yang ada pada catatan harian di atas dengan tepat !
  2. Tulislah ungkapan perasaan yang muncul pada catatan harian di atas !
  3. Apa hikmah yang diungkapkan oleh penulis ?
  4. Buatlah sebuah catatan harian hasi rekaman yang kamu alami hari ini !
Baca ini juga : Pengertian Iklan, Syarat, Jenis, dan Manfaatnya
    Demikianlah artikel singkat mengenai Belajar Menulis Buku Harian yang Baik dan Benar, semoga bermanfaat bagi kita semua.

    Subscribe to receive free email updates:

    0 Response to "Belajar Menulis Buku Harian dan Contohnya"

    Post a Comment