Mengenal Beach Handball

Mengenal beach handball | sakuilmu.net - Kita sudah mengenal permainan olahraga handball pada artikel mengenai sejarah olahraga handball dan peraturan dasar handball. Kali  ini kita akan mengenal beach handball. Apakah beach handball itu?

Beach Handball (Handball Pantai)adalah cabang dari olahraga handball yang relatif baru sebagai olahraga permainan dan juga sudah memiliki aturan resmi pertama yang secara resmi diakui oleh Handball Federation (IHF) pada tahun 1994.  Beach Handball ini sama dengan handball hanya saja tidak dilakukan dilapangan olahraga, melainkan di pantai.

Permainan olahraga beach handball (Handball Pantai) ini sedang dipertimbangkan untuk debut sebagai acara terpisah dengan handball ruangan pada tahun 2020 atau 2024 di Olympic Games. IHF dan federasi benua lainnya secara aktif mempromosikan handball pantai melalui pembinaan prestasi dan kompetisi internasional.

Permainan bolatangan pantai atau beach handball tergolong permainan bolatangan yang baru  di Indonesia. Beach handball memiliki jumlah pemain sebanyak 4 orang ditambah sejumlah pemain cadangan. Pola permainan bolatangan pantai tidak jauh beda dengan bolatangan indoor, bolatangan pantai memiliki besar lapangan, cara pergantian, dan mencetak angka yang berbeda dengan bolatangan indoor. Dalam permainan yang bolatangan indoor setiap mencetak angka nilai pointnya 1 tapi bolatangan pantai ada yang disebut spektakuler gol yaitu mencetak point dengan berputar 360o dengan nilai 2 point. Selain dari spektakuler gol, kiper juga bernilai 2 apabila bisa mencetak angka tanpa berputar dan juga dari titik penalti.



Referensi :
https://en.wikipedia.org/wiki/Beach_handball
http://www.bolatangan.or.id/

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Beach Handball "

Post a Comment