Kasus Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara

Contoh Kasus Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara � Mengapa hal ini bisa terjadi ? Salah siapakah ini ? Semuanya tergantung pribadi masing-masing.

Kasus Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara

Nah buat sobat yang belum ngerti apa itu hak dan kewajiban, ada baiknya sobat membaca artikel ini : pengertian hak dan kewajiban warga negara.

Intinya sih, hak itu apa yang harus kita dapatkan dan kewajiban adalah apa yang harus kita lakukan. Prinsipnya, kita jangan menuntut hak sebelum kita melaksanakan kewajiban kita. Itu yang paling penting.

Lalu, apa saja contoh hak dan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari ?

Misalnya saja hak untuk menonton TV, hak untuk bernafas, hak untuk makan, hak untuk belajar, hak untuk berjalan, dan hak-hak lainnya.

Adapun contoh kewajiban yaitu kewajiban membantu orang tua, kewajiban menabung, kewajiban bekerja, kewajiban gotong-royong, dan lain sebagainya.

Dari berbagai hak dan kewajiban itu, tentunya ada saja pelanggaran yang pernah kita lakukan. Tidak hanya satu, tapi banyak. Kerap kali kita melalaikannya baik disengaja maupun tidak disengaja. 

Apa penyababnya ? Mungkin karena faktor egois, rendahnya kesadaran berbangsa dan bernegara, kurang toleransi, kekuasaan yang disalahgunakan, atau mungkin karena ketidaktegasan aparat penegak hukum.

Itu mungkin sedikit penyebabnya, nah contoh dari pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban itu apa sih ? Yuk lihat pembahasannya....

#A. Pelanggaran Hak

Pelanggaran hak warga negara terjadi ketika warga negara tidak dapat menikmati atau memperoleh haknya sesuai dengan ketentuan yang berlaku di suatu negara (undang-undang). Adanya pelanggaran hak, erat kaitannya dengan pengingkaran kewajiban. 

Jika kewajiban diingkari maka akan memicu suatu pelanggaran hak. Contohnya kemiskinan masih menimpa sebagian masyarakat Indonesia, penyebabnya dapat berasal dari pemerintah ketika program pembangunan tidak berjalan sebagaimana mestinya, atau juga dapat disebabkan oleh perilaku warga negara sendiri karena malas bekerja.

Contoh lain pelanggaran hak warga negara, yaitu :
  • Banyaknya kasus pembunuhan di suatu bangsa.
  • Maraknya kasus korupsi baik dalam pemerintahan maupun di lingkungan masyarakat.
  • Masih banyak terjadi kasus perbudakan.
  • Pelecehan seksual, pencabulan, dan pemerkosaan.
  • Dilarangnya kebebasan berekspresi atau mengemukakan pendapat.
  • Anak-anak yang tidak mendapat pendidikan yang layak.
  • Dan lain-lain.

#B. Pengingkaran Kewajiban


Seperti yang kita ketahui bersama, kewajiban merupakan tanggungan yang benar-benar harus kita lakukan. Jika kita tidak melakukannya, maka kita telah ingkar terhadap diri sendiri maupun orang lain. Mengingkari kewajiban juga dapat menimbulkan pelanggaran hak, karena pada hakikatnya hak dan kewajiban itu sangat berkaitan.

Lalu, apa saja contoh pengingkaran kewajiban itu ?

Berikut ini kami sajikan beberapa kasus pengingkaran kewajiban, baik di lingkungan masyarakat, keluarga maupun sekolah :
  • Enggan membantu orang tua.
  • Melanggar rambu-rambu lalu-lintas.
  • Melanggar tata tertib sekolah.
  • Membuang sampah sembarangan.
  • Menjadi pengangguran karena malas bekerja.
  • Pelajar yang malas belajar dan suka bolos sekolah.
  • Tidak melaksanakan tugas piket harian di sekolah.
  • Tidak melaksanakan tugas yang telah diberikan oleh guru.
  • Tidak membayar pajak negara.
Nah itulah beberapa contoh kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara. Setelah kita menelaah dan memahami lebih dalam, kita tentunya harus menghindari pelanggaran dan pengingkaran tersebut. Kalau tidak, kita sama saja telah merugikan diri sendiri dan orang lain.

Maka dari itu, marilah kita berusaha bersama-sama untuk meminimalisir berbagai kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban di negeri ini, agar setidaknya kita sudah meminimalisir keterpurukan moral bangsa.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kasus Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara"

Post a Comment