Teknik Permainan Lempar Lembing

Teknik Permainan Lempar Lembing | sakuilmu.net - Kemarin kita sudah mengenal peraturan dasar lempar lembing. Kali ini kita akan mengenal lagi mengenai teknik permainan olahraga lempar lembing ini. Kami rekomendasikan sobat membaca kembali mengenai artikel tentang olah raga lempar lembing ini antara lain :
  1. Pengertian dan Sejarah Lempar Lembing
  2. Peraturan Dasar Lempar Lembing

Teknik Permainan Lempar Lembing

Agar dapat melakukan lemparan yang maksimal dan jauh diperlukan teknik dasar Lempar Lembing yang baik adapaun pembagian Teknik dasar Lempar Lembing adalah sebagai berikut :

a. Cara Memegang Lembing 

Ketika akan melakukan Lempar Lembing ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan di kuasai diantaranya adalah cara memegang Lembing. Dalam memegang lembing ada tiga cara diantaranya Cara Amerika dan Cara Finlandia dan cara tang (Jepit) adapaun ketiga cara tersebut adalah sebagai berikut  :

1. Cara Amerika 
Cara memegang Lembing ini yaitu dengan cara memegang lembing di bagian lilitan lembing dengan jari telunjuk melingkar di belalkang liltan dan ibu jari menakannya di bagian permukaan lain, sementara intu jari-jari lain tetap melingkar di badan lembing dengan longgar.
2. Cara Finlandia
Cara memegang lembing gaya Finlandia ini dicirikan dengan menempatkan ibu jari dan jari tengah pada ujung lilitan pegangan kedua jari ini lah yang memberikan kekuatan pada pegangan lembing, jari telunjuk hanya menjadi penunjang lembing dengan cara diluruskan di bawah lembing dan jari manis dan jari kelingking ditempatkan diatas lilitan.
3. Cara Tang
Cara tang merupakan gaya yang sudah jarang sekali di pakai karena kurang nya dukungan kekuatan yang diberikan oleh jari yang memegang lembing cara ini dilakukan dengan menempatkan lembing diantara jari telunjuk dan jari tengah.
Cara memegang lembing pada olah raga lempar lembing
Cara Memegang Lembing

 b. Cara Membawa Lembing

Ketika akan melakukan Lempar Lembing, ada cara Dalam membawa Lembing terdapat beberapa cara yang biasa di pakai pelempar pada saat hendak melakukan lemparan yaitu,
  1. Lembing diletakan diatas Bahu
  2. Lembing Dibawa di belakang badan sepanjang alur lengan dengan mata lembing menghadap le arah depan serong ke atas
  3. Lembing diatas bahu dengan mata lembing menghadap menyerong ke bawah
Cara Membawa Lembing

c. Cara Melempar Lembing

Cara melempar lembing dapat dilakukan dengan cara; atlet berlari sambil membawa lembing di atas kepala dengan lengan ditekuk, siku menghadap ke depan dan telapak tangan menghadap ke atas. Posisi lembing berada sejajar di atas garis paralel dengan tanah. Panjang awalan rata-rata 30 m. Awalan pendahuluan biasanya dimulai ketika atlet tiba di tempat yang telah diberi tanda
sebelumnya (check mark).

d. Gaya Melempar Lembing

a) Gaya Melempar Jingkat (Hop Step)
Pada permulaan lari awalan, lembing dibawa setinggi kepala dengan lengan bengkok siku menghadap ke atas. Kemudian berlari secepat-cepatnya, pada saat kaki kiri sampai pada tanda (check mark) yang telah ditentukan, tangan kanan telah mulai sedikit diluruskan ke belakang bawah. Kemudian, kaki kanan melangkah dan mendarat maka dengan tumpuan kaki kanan gerakan berjingkat dilakukan, mendarat dengan kaki kanan terlebih dahulu dan kaki kiri langsung ditarik selebar dan sejauh mungkin. (Penjasorkes Sri) 

b. Gaya Melempar Silang (Cross Step)
  • Dengan permulaan berlari, lembing dibawa setinggi kepala dengan lengan bengkok, siku menghadap ke depan dan telapak tangan menghadap ke atas.
  • Lembing sejajar dengan tanah, lintasan awalan kurang lebih 30 m termasuk �langkah silang�,
    langkah akhir dimulai sejak pelempar sampai pada tanda (check mark) yang dipasang sebelumnya.
  • Kaki kanan melompat kuat dibantu dengan kaki kiri mengangkat panggul ke depan atas disertai dengan panggul dan badan diputar ke kiri. Lengan kiri dari posisi terangkat di muka dada lalu digerakkan ke samping kiri. Kepala menghadap ke arah lemparan agak menengadah, pandangan agak ke atas.
  • Didahului siku kanan, lembing dilemparkan sekuatkuatnya dengan sudut lemparan kurang lebih 40 derajat disertai dengan badan yang dicondongkan ke depan mengikuti ayunan lengan melempar lembing, lepasnya lembing kira-kira di atas depan dari bahu kanan.
  • Lepasnya lembing diikuti dengan kaki kanan melangkah di muka. Gerakan ini merupakan langkah yang kelima gaya Finlandia. Bersamaan dengan mendaratnya kaki kanan, kaki kiri ditegakkan ke belakang dan tetap terangkat untuk memberikan keseimbangan pada kaki kanan yang harus berjingkat-jingkat dalam usahanya mengerem lajunya awalan.
  • Keluar dari lintasan setelah lembing yang dilempar jatuh. Dari posisi berdiri ia meninggalkan lintasan. Lemparan dianggap tidak sah kalau setelah melempar dan lembing belum jatuh ke tanah, ia telah meninggalkan lintasan. 

Teknik LembingGaya Silang

Demikian Sobat sakuilmu.net, teknik permainan lempar lembing yang bisa kita pelajari bersama. semoga bermanfaat ya Sobat..

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Teknik Permainan Lempar Lembing"

Post a Comment