Sejarah Lompat Jauh

Sejarah Lompat Jauh | www.sakuilmu.net - Sobat sakuilmu, saat ini kita akan mengenal salah satu cabang olah raga atletik yaitu lompat jauh. Mungkin salah satu dari Sobat sakuilmu sedang mencari beberapa topik mengenai lompat jauh seperti pengertian lompat jauh atau sejarah lompat jauh. Oleh karena itu maka pada kesempatan ini kita akan mengenal sejarah olah raga lompat jauh ini.

1. Pengertian Lompat Jauh


Lompat jauh adalah suatu bentuk gerakan melompat mengangkat kaki ke atas-depan dalam upaya membawa titik berat badan selama mungkin di udara (melayang di udara) yang dilakukan dengan cepat dan dengan jalan melakukan tolakan pada satu kaki untuk mencapai jarak sejauh-jauhnya.

Olahraga lompat jauh merupakan salah satu cabang olah raga atletik yang dilombakan baik untuk putra maupun putri. Sedangkan tujuan lompat jauh adalah melakukan lompat hingga dapat mencapai jarak sejauh-jauhnya. Untuk dapat mencapai hasil lompatan sejauh-jauhnya, seorang atlet harus dapat memadukan kecepatan, kekuatan dan keseimbangan.

2. Sejarah Lompat Jauh


Lompat jauh ternyata sudah ada sejak olympiade kuno di Yunani sekitar pada abad ke 13. Pada awalnya olah raga lompat jauh yang diadakan pada olympiade kuno ditujukan sebagai latihan perang. Munculnya olahraga lompat jauh pada awalnya adalah untuk melatih keterampilan prajurit dalam melompati rintangan seperti parit atau jurang.

Pada zaman itu teknik olahraga lompat jauh sangat berbeda dengan saat ini. Pada saat itu peserta lompat jauh hanya diperkenankan untuk melakukan start lari jarak pendek. Selain itu, peserta lompat jauh diharuskan berlari sambil membawa beban di kedua tangannya, yang dikenal dengan nama halteres dengan berat berkisar antara 1 sampai 4,5 kg.

Olahraga lompat jauh telah dianggap sebagai olahraga paling sulit sejak olympiade kuno, karena memerlukan banyak keahlian. Namun demikian menurut catatan yang ada bahwa seorang pria bernama Chionis, berhasil melakukan lompatan sejauh 7.05 metres (23 feet and 1.7 inches).

3. Sejarah Perkembangan Lompat Jauh


Sejarah olahraga lompat jauh
Lompat jauh merupakan salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan pada olympiade modern sejak tahun 1986. Peraturan olahraga lompat jauh ini terus diperbaiki hingga seperti peraturan yang ada pada saat ini.

Dan pada tahun 1948, lompat jauh putri ditambahkan pada cabang olahraga di olympiade.Amerika Serikat pernah berjaya di cabang lompat jauh pada Olimpiade yang diadakan di Meksiko pada tahun 1968 dengan catatan rekor yang dilakukan oleh Bob Beamon dengan lompatan sejauh 8,90 meter. Kemudian rekor tersebut dapat dipecahkan oleh atlet asal Amerika Serikat bernama Mike Powell dengan lompatan sejauh 8,95 meter.

Demikian uraian singkat mengenai sejarah lompat jauh. Semoga bisa bermanfaat bagi sobat sakuilmu semua.

Referensi :
https://en.wikipedia.org/wiki/Long_jump

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sejarah Lompat Jauh"

Post a Comment